Bagian-bagian utama motor bensin 4 langkah memang cukup banyak dan lebih mendetail. Berikut adalah komponen dan fungsinya pada motor bensin 4 langkah.
Source : Google Image |
Silinder
Yaitu tempat untuk berlangsungnya proses/siklus dari motor.
Torak/Piston
Untuk merubah gerakan bolak-balik menjadi gerakan isap dan tekan, juga
sebaliknya untuk mengubah tenaga pembakaran menjadi tenaga mekanis.
Cincin Torak/Piston
Untuk mencegah kebocoran oli/bahan bakar antara dinding silinder dengan torak.
Pena Torak/Piston
Untuk menghubungkan piston dengan batang piston.
Pena Engkol
Untuk menghubungkan poros engkol dengan batang torak.
Poros Engkol
Untuk mengubah gerak mekanis (bolak-balik) piston menjadi gerak putar pada sumbu utama motor.
Batang Torak/Piston
Untuk meneruskan gaya piston ke poros engkol.
Saluran Masuk
Saluran yang dihubungkan dengan karburator tempat udara dan bensin dapat masuk dengan keadaan tercampur pada saluran ini.
Saluran Buang
Saluran untuk mengeluarkan gas-gas buang sisa pembakaran yang dihubungkan dengan knalpot.
Katup Masuk
Untuk mengatur pemasukan bensin dan udara kedalam silinder yang digerakan poros nok (noken as) dan ditutup oleh pegas katup.
Katup Buang
Untuk mengatur pembuangan gas bekas pembakaran yang digerakan poros nok (noken as) dan ditutup oleh pegas katup.
Busi
Bagian dari pengapian untuk memulai pembakaran bahan bakar di dalam
silinder dengan bunga api listrik yang meloncat dari elektroda tengan ke
elektroda sisi.
Ruang Engkol (Carter)
Untuk ruang pelumasan atau ruang oli dan ruang gerak sumbu engkol.
Karburator
Sumber : Google image |
Untuk mencampur bahan bakar bensin dengan udara supaya tercampur dengan halus seperti kabut.
Sistem Pengapian
Sumber : Google image |
Untuk membangkitkan bunga api listrik pada busi, untuk keperluan pembakaran di ruang silinder.
Poros Nok (Noken As)
Sumber : google image |
Untuk membuka katup-katup yang digerakan oleh timing gear melalui sabuk gilir atau rantai keting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar