CAMSHAFT
/ NOKEN AS
Adalah sebuah part yang ada didalam
mesin 4 langkah yang bertugas mengatur membuka dan menutup klep (valve). Yang
terpenting dalam hal ini sebenarnya korelasi gerak rotasi camshaft
dengan gerak rotasi crankshaft. Tujuanya tidak lain mengatur valve untuk
memasukan campuran bahan bakar dan udara kedalam ruang bakar serta
mengatur buangan sisa pembakaran.untuk itu camshaft dan crankshaft
dihubungkan melalui
mekanisme roda gigi atau dengan rantai mesin (cam Chain). Letak camshaft
sendiri tergantung dari pengoperasian terhadap valve, secara langsung
atau
menggunakan mekanisme tambahan seperti batang pendorong atau rocker .
Pada
model operasi langsung membuka dan menutup valve, camshaft berada
diposisi atas dari ruang bakar. beberapa dari mesin menggunakan
satu camsahft yang dihubungkan dengan crankshaft untuk menggerakan
intake valve
dan exhause valve, yang sering disebut SOHC,(single overhead cam).
Sedangkan
beberapa mesin menggunakan dua cam shaft. Yang satu mengerakan intake
valve dan
satunya menggerakan exhause valve , yang sering disebut DOHC(doble
overhead
cam) .
Cara kerja camshaft ditentukan oleh (lobe) yaitu bagian yang menonjol dari
camshaft inilah yang memegang peranan penting dalam membuka dan menutupnya valve. Seiring
pergerakan camshaft , lobe akan membuka dan menutup sesuai pergerakan piston
pada mekanisme intake dan exhause yang dibutuhkan. Mesin 4 langkah pada posisi
TMA (titik mati atas) intake valve mulai membuka seiring pergerakan piston
menuju TMB(titik mati bawah), kemudian intake valve akan tertutup pada saat
piston mencapai posisi paling bawah. Piston kembali bergerak keatas dan
beberapa derajat sebelum TMA busi memercikan bunga api terjadilah ledakan yang
memaksa piston bergerak lagi kebawah, pada saat TMB ini exhause valve mulai
membuka seiring pergerakan piston keatas
dan menutup penuh pada saat piston diposisi TMA.begitu seterusnya dan beulang
ulang. Mekanisme inilah yang harus
diatasi oleh pergerakan camshaft yang disesuaikan dengan pergerakan crankshaft.
Semakin cepat mesin bekerja semakin cepat pula aliran bahan bakar dan udara yang
harus dimasukan kedalam ruang bakar. Untuk itu para tuner berusaha agar supaya
waktu buka intake valve yang lebih lama, untuk itu para tuner memerlukan parameter
valve lift atau angkatan valve, dengan cara mendesain lobe pada camshaft.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar